Edisi 30 Oktober 2015

Anda Takut ????

Ada begitu banyak fenomena yang sementara kita lihat dan boleh jadi dialami sekarang. Khususnya di Indonesia kita bisa lihat terjadi kekeringan dan kebakaran di mana-mana. Kabut asap menyesakkan nafas, infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) mengancam dan mulai memakan korban jiwa. Gagal panen semakin terasa, bukan saja untuk padi dan tanaman palawija lainnya tetapi juga tanaman keras banyak yang mati kekeringan di tambah lagi jutaan hektar lahan pertanian yang terbakar. Sudah pasti naiknya harga sembilan bahan pokok dan produksi pertanian tidak bisa dihindarkan

Selain fenomena el nino yang memicu kekeringan berkepanjangan di berbagai tempat, degradasi moral semakin terasa. Dalam tahun ini saja, setidaknya terjadi tiga kasus menggemparkan di Sulawesi Utara yang ikut melibatkan anggota SDA. Dua kasus pembunuhan dan satu kasus bunuh diri menjadi cerminan degradasi moral bukan hanya terjadi di luar sana tetapi juga di kalangan gereja.

Tantangan buat gereja adalah, sementara gereja dituntut harus makin giat untuk menginjil dan melebarkan sayapnya, masalah moralitas, konflik yang berbau sara menghadang di depan dan di sekitar kita.

Kita tentu tidak akan memperdebatkan masalah politik, namun tentu saja yang kita rasakan adalah semakin kompleksnya masalah yang dihadapi oleh pemerintah kita. Korupsi yang terungkap membuat kita geleng-geleng kepala. Ternyata masalah korupsi bukan hanya terjadi di luar sana tetapi juga di kalangan pengelola uang umat Tuhan.

Di bidang kerohanian, apakah saudara panas?. apakah dingin?. apakah suam-suam kuku?. Apakah iman kita menjadi semakin bersemangat atau malahan menjadi tawar dan takut setelah menyaksikan peristiwa-peristiwa di sekitar kita?. Apakah penderitaan, kekurangan, atau malah kelimpahan membuat kita makin bersemangat bekerja bagi Tuhan atau sebaliknya, membuat kita mati rasa dan tidak peduli?. Itulah tantangan yang perlu kita jawab dalam kehidupan kerohanian kita.

Sesuatu harus dilakukan oleh umat-umat Tuhan agar dapat bertahan menghadapi goncangan rohani di akhir zaman. Ingatlah bahwa ada upah bagi umat yang setia dan tekun sampai akhir. Hal-hal yang kita dapat dan harus lakukan segera adalah:1. Sadar bahwa kita ini orang malang, “miskin, buta dan telanjang” rohani. 2. Segera datang kepada Yesus dan beli “emas yang murni, minyak pelumas mata dan pakaian putih” Tak perlu takut, kita adalah Pemenang Iman. Kita memang harus selalu sadar dan siap memenangkan masalah yang kita alami. Perubahan-perubahan pribadi yang sangat perlu, jika ada, dalam nama Yesus harus segera kita lakukan agar kita boleh memperoleh bagian dalam keselamatan dan kebahagiaan kekal bersama Dia.

Setelah anda menerima buletin ini, bacalah semuanya. Akan ada begitu banyak nasihat penting yang akan memperlengkapi anda supaya anda tidak perlu takut menghadapi berbagai hal. Sosok pemimpin adalah sosok yang sangat berpengaruh terhadap kerohanian umat. Dalam renungannya, pdt. Harold Oijaitou, kepala sekolah di sekolah Advent di Argapura, Jayapura mengingatkan kita untuk memiliki pemimpin yang tsaddı̂yq, tâmı̂ym dan hâlak ‘êth ‘ĕlôhı̂ym. Seperti apakah pemimpin yang di maksud ? Silahkan anda baca rubrik Renungan yang akan mengulasnya lebih dalam lagi. Masih ada begitu banyak artikel, yang anda bisa nikmati dalam buletin ini dan ambilah manfaat rohani di dalamnya.

Tuhan memberkati selalu anda dan keluarga.

Herschel Najoan
Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *