Muntu Buka ’10 Hours Senior Youth Seminar’ di GMAHK Pioneer Timika

Timika, 10 Hour Senior Youth Seminars digelar di GMAHK Pioneer Timika pada tanggal 12-14 November 2019, dibuka secara resmi oleh Direktur Pemuda Advent Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur SYL. Pdt. Djunaidi Muntu,M.Min didampingi oleh Pdt. Hugo Wambrauw Direktur Pemuda Advent Daerah Misi Papua, Koordinator Pemuda Advent UKIKT SYL. Jimi Pinangkaan, SE. MSi, Koordinator Master Guide Misi Papua MG. Rowley Sakul dan MG. Arklaus Windesi juga sebagai pembawa seminar Bersama Ronald Kussoy.

Seminar yang dibawakan adalah 1. The Senior Youth Leader as a Spiritual Leader, Mentor and Friend, 2. The Need for Specialized Youth Ministry, 3. Understanding the History, Philosophy, Vision, Objectives and Structure of Adventist Youth Ministry, 4.Developing a Purpose Driven Model for Youth Ministry in the Local Church, 5. Mentoring, Ownership and Empowerment in Youth Ministry, 6. Comprehensive Evangelism, 7. Creative Youth Ministry (to include programming, 8. Maximizing the Opportunities Offered by Social Media While Circumventing Its Hazards, 9. Spiritual Giftedness and Service, 10. Understanding the Youth.

Seminar 10HSYS ini merupakan pra syarat sebelum para Ambassador 16 – 21 Tahun dan Young Adult 22 – 30+ Tahun mengikuti kurikulum kepemimpinan SYL atau Senior Youth Leader. Mereka yang menyelesaikan Kurikulum Pemimpin Pemuda Senior harus berada di bawah pengawasan dari Direktur Pemuda Konfrens/Mision atau Pendeta atau sorang Pemimpin Pelayanan Pemuda yang memenuhi syarat. Kurikulum Pemimpin Pemuda Senior harus dilengkapi selama minimal satu tahun dan maksimal tiga tahun. Seminar harus dilangsungkan paling kurang selama 60 menit. Fasilitator seminar haruslah orang-orang yang disetujui oleh Direktur Konfrens/Mision atau orang yang ditunjuk.

Adalah merupakan suatu keuntungan bagi seorang kandidat Pemimpin Pemuda Senior untuk memiliki pengetahuan tentang Ambasador dan Pelayanan Orang Muda. Selama menyelesaikan Portofolio dapat dipilih satu jenis pengarsipan yaitu Digital (rekaman) atau Secara tertulis (Tulisan).

Data statistk Gereja Pemuda Advent adalah mayoritas keanggotaan gereja sekaligus peyumbang angka terbesar yang meninggalkan gereja. Marilah kita semakin memberi perhatian yang serius terhadap penggembalaan Pemuda Senior, mari sokong program yang baru SYL Senior Youth Leader yang baru diluncurkan di Global Youth Leader Congress 31 Juli – 4 Agustus 2018 di Kassel, Jerman. Ronald Kussoy selaku Ketua Panitia bersyukur pada Tuhan kegiatan pelatihan ini boleh berjalan dengan baik lewat topangan Pendeta Wilayah Pdt. Runtuwene dan para peserta dari Kabupaten Mimika. Dan akhirnya Dari 48 peserta terdaftar hanyalah 41 peserta yang memenuhi syarat untuk menerima sertifikat.

Leave a Reply